MAMPUKAH KEHADIRAN AYAH DALAM PENGASUHAN MENGURANGI KENAKALAN REMAJA? : KASUS PADA NARAPIDANA ANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Referensi
Abdullah, S. M. (2010). Studi Eksplorasi Tentang Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Spirits, 1(1), 1–9.
Muawanah, L. (2012). Kematangan Emosi, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1), 6–14. https://doi.org/10.30996/ persona.v1i1.9
Carroll, A, Durkin, K, Houghton, S, H. J. (1996). An Adaptation of Mak’s Self-reported Delinquency Scale for Western Australian Adolescents. Australian Journal of Psychology, 48(1), 1–7.
Choon, L. J., Hasbulla, M., Ahmad, S., Ling, W. S. (2013). Parental attachment, peer attachment, and delinquency among adolescents in Selangor, Malaysia. Asian Social Science, 9(15), 214–219.
de Ridder, D. T. D., Lensvelt-Mulders, G., Finkenauer, C., Stok, F. M., & Baumeister, R. F. (2012). Taking Stock of Self-Control. Personality and Social Psychology Review, 16(1), 76–99. https://doi. org/10.1177/1088868311418749
Dick, G. L. (2004). The fatherhood scale. Research on Social Work Practice, 14(2), 80–92.
Dubowitz, H., Black, M. M., Cox, C. E., Kerr, M. A., Litrownik, A. J., Radhakrishna, A., ... & Runyan,
D. K. (2001). Father involvement and children’s functioning at age 6 years: A multisite study. Child Maltreatment, 6(4), 300–309.
Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(2), 114–125. https:// doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114
Hawkins D, Mothersbaugh D, Best, R. (2007). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. McGraw Hill.
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kholidah, D. I. (2016). Hubungan Konsep Diri dengan Kenakalan Remaja Penelitian Pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145
Maria, U. (2005). Peran Persepsi Keharmonisan keluarga dan Konsep Diri Terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja. Universitas Gadjah Mada.
Masngudin. (2003). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Perilaku Kekerasan Pada Pelajar. Universitas Indonesia.
Maximo, S. I., Tayaban, H. S., Cacdac, G. B., Cacanindin, M. J., Pugat, R. H., Rivera, M. F., Lingbawan, M. C. (2011). Parents’ communication styles and their influence on the adolescents’ attachment, intimacy and achievement motivation. International Journal Of Bahavioral Science, 6(1), 59–72.
Millia, V. (2007). Pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muniriyanto & Suharman. (2014). Konsep diri, intensitas, komunikasi orangtua-anak dan kecenderungan perilaku seks pranikah. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).
Pechorro, P., Vieira, R., Maroco, J., Barroso, R., & Goncalves, R. A. (2015). Adaptacao de uma versao portuguesa da Escala de Delinquencia Auto-Relatada Adaptada para adolescentes. Revista Da Associacao Portuguesa de Psicologia, 1(29), 59–67.
Priatina, R. D., Latifah, M., & Johan, I. R. (2012). Konsep diri, kecerdasan emosional, tingkat stres, dan strategi koping remaja pada berbagai model pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 5(1), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24156/ jikk.2012.5.1.48
Riskinayasari, G. (2015). Kenakalan Remaja Ditinjau dari Konsep Diri dan Jenis Kelamin. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saefullah, N. H. (2016). Penyuluhan Mengenai RIKAS sebagai Upaya Pencegahan Tindakan Kekerasan Antar Siswa di Sekolah Satu Atap Purwakarta. Dharmakarya, 5(1)
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (11th ed.). Erlangga.
Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak. Salemba Humanika.
Situmorang, Z. R. D., & Latifah, M. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Strategi Pengaturan Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/10.24156/ jikk.2014.7.3.154
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., Boone, A. L. (2004). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271–322.
Toombs, A., Bardzell, S., & Bardzell, J. (2014). Becoming makers: Hackerspace member habits, values, and identities. Journal of Peer Production, 5(2014), 1–8.
Veiga, F., & Leite, A. (2016). Adolescents’ self-concept short scale: A version of PHCSCS. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 217, 631–637