KELUARGA DAN ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL

Main Article Content

Nunung Nurwati
Binahayati Rusyidi
Kanya Eka Santi

Abstract

Keluarga adalah salah satu lingkungan dimana anak tinggal dan dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Seyogyanya anak terhindar dari berbagai hal yang merusak sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara wajar. Kajian ini menggali bagaimana hubungan keluarga dan anak yang berkonflik dengan hukum. Tujuan kajian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan keluarga terhadap fenomena anak yang berkonflik dengan hukum. Selain itu, kajian ini merekomendasikan upaya yang perlu dilakukan dalam pencegahan terjadinya kasus hukum yang melibatkan anak. Kajian merupakan kajian literatur dalam panduan perspektif Teori Sosiokultural Vygotsky. Teori Sosiokutural menekankan bahwa tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh konteks sosiokultural dimana anak tumbuh. Bagi Vygotsky, perkembangan adalah sebuah proses pemagangan. Anak akan tumbuh dan berkembang baik apabila berada di lingkungan yang baik bersama dengan orang-orang yang baik dan begitupun sebaliknya. Buruknya tumbuh kembang anak karena berada di lingkungan yang buruk dan keluarga menjadi salah satu faktor terjadinya perilaku yang berkonflik dengan hukum pada anak. Permasalahan anak yang berkonflik dengan hukum merupakan hasil interaksi individu anak dan keluarganya.  Penelitian ini adalah kajian literatur dengan model atau jenis argumentatif yang mengkaji literatur secara selektif yang mendukung argumen, asumsi atau masalah yang sudah ada dalam literatur. Pola asuh keluarga yang buruk terhadap anak, tindak kekerasan dan masalah yang terjadi dalam keluarga memiliki pengaruh terhadap perilaku anak berkonflik dengan hukum. Tulisan ini merekomendasikan pentingnya pengasuhan yang baik kepada anak, penghindaran tindakan kekerasan terhadap anak dan konflik keluarga untuk mencegah terjadinya perilaku anak yang berkonflik dengan hukum.

Article Details

How to Cite
Hidayat, R. S., Nurwati, N., Rusyidi, B., & Santi, K. E. (2022). KELUARGA DAN ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 8(2). https://doi.org/10.31595/inf.v8i2.3047
Section
Articles

References

(KPAI), K. P. A. I. (2021). Kasus Kriminalitas Anak Didominasi Kekerasan Fisik. In Https://Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/12/kasus-kriminalitas-anak-didominasi-kekerasan-fisik

Aini, L. N. (2011). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kenakalan Remaja di RW V Kelurahan Sidokare Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 57–63. https://www.e-jurnal.com/2018/04/hubungan-pola-asuh-orang-tua-dengan.html

Anggraeni. (2013). Dampak Kekerasan Anak Dalam Rumah Tangga (The Impact Children Of Domestic Violence). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Annur, C. M. (2022). Kasus Perceraian Meningkat 53%, Mayoritas karena Pertengkaran. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/28/kasus-perceraian-meningkat-53-mayoritas-karena-pertengkaran#:~:text=Angka Perceraian di Indonesia (2017-2021)&text=Menurut laporan Statistik Indonesia%2C jumlah,banyak menggugat cerai ketimbang suami.

Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 155–163. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3883/3081

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality. In Penguin Books. Penguin Books Ltd.

Children’s Defense Fund. (2021). The State of America’s Children® 2021. Children’s Defense Fund. https://www.childrensdefense.org/state-of-americas-children/

Crawford, K., & Walker, J. (2007). Social Work and Human Development (J. Parker & G. Bradley (Eds.); Second Edi). Learning Matters Ltd. www.learningmatters.co.uk.

DeMatteo, D., & Marczyk, G. (2005). Juvenile Delinquency (K. Heilbrun, N. E. S. Goldstein, & R. E. Redding (Eds.)). Oxford University Press, Inc.

Department of Justice, U. of S. of A. (2020). Estimated number of juvenile arrests, 2019. http://www.ojjdp.gov/ojstatbb/crime/qa05101.asp?qaDate=2012

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orangtua Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 4(1), 2433–2441. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/324

Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and Crisis. W.W. Norton & Company.

Erikson, E. H. (1987). Childhood and Society. Paladin Grafton Books.

Farrington, D. P., & Jonkman, H. (2021). Delinquency and Substance Use in Europe. Understanding Risk and Protective Factors (F. G. Roth (Ed.)). Springer Nature Switzerland AG 2021. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-58442-9

Farrington, D. P., & Welsh, B. C. (2007). Saving Children From a Life of Crime. Early Risk Factors and Effective Interventions. In Oxford University Press, Inc. Oxford University Press.

Fatchurahman, M. (2012). Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.27

Firmansyah, R. (2019). Rehabilitasi dan Deradikalisasi Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana Terorisme. Jurist-Diction, 2(2), 669-686. https://ojs2.e-journal.unair.ac.id/JD/article/view/14258

Gayatri, E., & Kosasih, K. (2019). Break The Chain of Terrorism Through Deradicalization of (Former) Terrorists Children: Narration From Al-Hidayah Pesantren Medan. Analisa Journal of Social Science and Religion, 4(1), 79-96. https://doi.org/https://doi.org/10.18784/analisa.v4i01.788

Harsanti, I., & Verasari, D. G. (2013). Kenakalan pada remaja yang mengalami perceraian orang tua. Pesat, 5.

Hasanah, U., & Raharjo, S. T. (2016). Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat. Share: Social Work Journal, 6(1), 1-153. https://doi.org/10.24198/share.v6i1.13150

Hidayat, R. S., Nurwati, N., Rusyidi, B., & Santi, K. E. (2022). Children in Conflict with The Law: Understanding the Risk and Protective Factors and its Implications for Prevention Efforts. Asian Social Work Journal (ASWJ), 7(2), 19-31. https://doi.org/https://doi.org/10.47405/aswj.v7i2.201

Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget Versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan Antara Persamaan Dan Perbedaan. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 286-293.

Jordan, A., Carlile, O., & Stack, A. (2008). Approaches to Learning Approaches to Learning A Guide for Teachers. Open University Press. McGraw-Hill education. McGraw-Hill House. Shoppenhangers Road. Maidenhead Berkshire England SL6 2QL. www.xpp-web-services.co.uk

Krohn, M. D., Lane, J., Smit, P. R., Bijleveld, C. C. J., Filho, P. R. D., Lopez, G., Bystrova, E., Tcherni, M., Kakar, S., Cooper, A., Dong, B., Gardner, K., & Kaduce, L. L. (2015). The Handbook of Juvenile Delinquency and Juvenile Justice. In M. D. Krohn & J. Lane (Eds.), The Handbook of Juvenile Delinquency and Juvenile Justice. John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9781118513217

Kurniasari, A., Widodo, N., Husmiati, Susantyo, B., Wismayanti, Y. F., & Irmayani. (2017). Prevalensi Kekerasan Terhadap Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Di Indonesia Prevalence of Violence Against Boys and Girls in Indonesia. Sosio Konsepsia, 6(3), 287-300.

Mahyani, A. (2019). Perlindungan Hukum Anak sebagai Pelaku Terorisme. Jurnal Hukum Magnum Opus, 2(1), 47-54. https://core.ac.uk/reader/229337860

Mauliddina, S., Puspitawati, A., Aliffia, S., Kusumawardani, D. D., & Amalia, R. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingginya Angka Perceraian Pada Masa Pandemi Covid-19: A Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 10-17.

Newman, B. M., & Newman, P. R. (2012). Development through life: a psychosocial approach. Wadsworth Cengage Learning.

Nindya, P. N. (2012). Hubungan Kekerasan Emosional pada Anak terhadap Kecendrugan Kenakalan Remaja. P. N. Nindya.

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Sosio Informa, 1(1), 14-28.

Nur Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2019). Pola Asuh Orangtua dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 150. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23131

Nyarko, N. Y. A., Aikins, L. V., Nyarko, N. A. A., & Aboagye, E. A. (2019). Juvenile Delinquency: Its Causes and Effects. Journal of Law, Policy and Globalization, 88, 166-172. https://doi.org/10.7176/jlpg/88-24

Prastiyo, W. E., & Setiabudhi, I. K. R. (2021). Children Involvement in Terrorism Activities: Perpetrator or Victim? (A Study on the Circle of Violence). Padjadjaran Jurnal of Law, 8(2), 213-231. http://jurnal.unpad.ac.id/pjih/article/view/32105/16164

Rahayu, S. W., Sugianto, F., & Velicya, V. (2020). Penguatan Pemahaman Terhadap Pengaruh Radikalisme Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Dan Perlindungan Anak. Jurnal Ilmu Hukum, 16(1), 101-113. https ://core.ac.uk/reader/229337860

Rosyidah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kenakalan Remaja Pada Remaja SMK Yayasan Cengkareng 2. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36741/1/Nurlaila Rosyidah-FKIK.pdf

Salkind, N. J. (Ed.). (2002). Child Development. Macmillan Reference USA.

Sewell, A., & Hulusi, H. (2016). Preventing radicalization to extreme positions in children and young people. What does the literature tell us and should educational psychology respond? Educational Psychology in Practice Theory, 7363(August), 1-12. https://doi.org/10.1080/02667363.2016.1189885

Siegler, R. S., DeLoache, J. S., Eisenberg, N., & Saffran, J. (2014). How children develop. Worth Publishers A Macmillan Higher Education CompanyLearning.

Singh, K. (2022). Juvenile Delinquency: Causes, Effects, Prevention, And Rehabilitation. Legal Service India E-Journal. https://www.legalserviceindia.com/legal/article-7605-juvenile-delinquency-causes-effects-prevention-and-rehabilitation.html#:~:text=Effects of Delinquency&text=Juvenile delinquents are not able,on probation%2C or even incarcerated.

Siregar, N. S. S. (2015). Latar Belakang Tindakan Kenakalan Anak pada Usia 13 sampai 17 Tahun. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 3(1), 87-102.

Sociology, B. in. (2020). Juvenile Delinquency Statistics and Risk Factors in the U.S. Maryville Online. Maryville University. https://online.maryville.edu/blog/juvenile-delinquency-statistics/

Sofa, M. O. H. A. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa-Siswai Sma Negeri 1 Kepohbaru, Bojonegoro. UIN Malang.

StudyCorgi. (2020). Juvenile Delinquency: Causes and Effects. Studycorgi.Com. https://studycorgi.com/juvenile-delinquency-causes-and-effects/

Subardhini, M. (2020). Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19: Masalah dan Solusi. In A. Fahrudin, F. H. Mas’ud, N. N. Rose, & L. M. I. Wardani (Eds.), UM Jakarta Press (Cetakan Pe, Issue January, p. 79). UM Jakarta Press. https://www.researchgate.net/profile/Meiti-Subardhini-2/publication/348738806_Dinamika_Keluarga_e-book_2-pages-94-105_Meiti_Subardhini/links/600e1937a6fdccdcb87ab777/Dinamika-Keluarga-e-book-2-pages-94-105-Meiti-Subardhini.pdf

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdependensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.

Sudbery, J. (2010). Human Growth and Development: An introduction for social workers.

Sumbulah, U. (2019). Preventing Radicalism by Family and Civil Society Organizations in Indonesia. Pertanika Journals, Social Sciences & Humanities, 27(1), 391-403. http://repository.uin-malang.ac.id/4411/2/4411.pdf

Teater, B. (2010). An introduction to Applying Social Work Theories and Methods. McGraw-Hill_Open University Press.

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2), 121-140.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society_ The Development of Higher Psychological Processes-Harvard University Press (1978) (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, & E. Souberman (Eds.)). Harvard University Press.

Wormer, K. van. (2007). Human Behavior and the Social Environment Micro Level. Oxford University Press, Inc. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yulianto. (2012). Kenakalan Remaja Ditinjau dari Pekerjaan Orang Tua di Luar Kota. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zastrow, C., & Kirst-Ashman, K. K. (2007). Charles Zastrow, Karen K. Kirst-Ashman-Understanding Human Behavior and the Social Environment-Thomson Brooks_Cole (2007) (Seventh Ed). Thomson Brooks/Cole.

Zastrow, C., & Kirst-Ashman, K. K. (2015). Understanding Human Behavior and the Social Environment. Brooks Cole.